PELATIHAN ANGGOTA BARU


Hallo buddies! Tidak terasa MCC sudah berdiri selama 4 tahun dan setelah periode baru yang dimulai bulan desember 2017 lalu, akhirnya MCC kedatangan anggota baru yaitu Anggota tahun 2017. Para anggota baru tersebut telah melewati beberapa persyaratan yang diberikan dari MCC dan diberi pelatihan materi kelas berupa penyampaian informasi seputar biota laut, latihan renang, dan scuba diving disetiap minggunya terhitung mulai dari bulan februari sampai dengan agustus. Pada tanggal 3 agustus tahun 2018, tiba waktunya hari pelantikkan bagi anggota baru tahun 2017.

Pelantikan tahun ini berlokasi sama seperti di pelantikan anggota ditahun-tahun sebelumnya yaitu bertempat di kepulauan seribu dengan basecamp berlokasi di pulau pramuka dan berlangsung selama empat hari dimulai dari tanggal tiga sampai dengan tanggal enam agustus 2018. Pada hari pertama dilakukan adaptasi renang seperti snorkeling kepada calon anggota 2017 di dekat dermaga pulau pramuka. Kerena berenang di kolam renang akan sangat terasa berbeda dengan berenang di perairan laut lepas, mulai dari air laut dengan rasa asin, terdapat arus air laut, dan perbedaan tekanan antara air kolam renang dan laut membuat para calon anggota diharuskan untuk beradapatasi terlebih dahulu terhadap perubahan kondisi tersebut, tentunya dengan didampingi panitia penyelenggara agar tidak terjadi masalah selama kegiatan pelantikan berlangsung. Setelah sore hari, calon anggota diajak kembali ke rumah singgah untuk membersihkan diri lalu pada malam hari dilakukan sesi diskusi dan evaluasi.

Hari kedua pelantikan, para calon anggota diajak untuk berkeliling menuju kawasan pulau lain menggunakan kapal, salah satu lokasi yang dituju adalah pulau kotok. Di pulau tersebut dilakukan scuba diving kepada para calon anggota untuk dapat melatih dan menambah pengalaman mengenai diving di perairan laut lepas. Para calon anggota ditemani senior dari MCC dan guide dive untuk menyelam dan diajak untuk berkeliling melihat pemandangan terumbu karang di kawasan pulau kotok tidak lupa untuk sekaligus beradaptasi kedalaman mencapai ±10 meter. Setelah sore hari calon anggota bersama anggota MCC yang lain kembali ke pulau pramuka untuk membersihkan diri dan pada malam harinya diadakan evaluasi mengenai kegiatan scuba diving di pulau kotok tersebut.

Hari ketiga-pun tiba, dimana pada hari ini pelantikan berlangsung. Kegiatan pada hari ini bertempat di pulau karang beras dan berlangusng dari pagi hingga siang. Seperti hari kedua, kami semua menggunakan transportasi berupa kapal untuk menuju pulau karang beras, kegiatan-pun berlangsung, kemudian setelah calon anggota resmi menjadi anggota baru MCC tahun 2017, semua anggota dan para senior melakukan sesi foto bersama untuk mengabadikan momen ini. Karena hari masih siang, kami melakukan acara lain yaitu tukar kado masih di pulau yang sama dengan saling bercandagurau menambah kemeriahan suasana dan membuat kami semakin mengakrabkan sendiri sebagai keluarga dari MCC. Setelah sore hari kami semua pulang menuju pulau pramuka, tidak lupa membersihkan diri dan melanjutkan acara pada malam hari dengan mengadakan barbeque dengan masak membakar ikan di taman depan kantor Taman Nasional Kep. Seribu. Waktu semakin malam, kami menyudahi acara bakar-bakar ikan dan kembali ke rumah singgah dan membereskan barang-barang pribadi karena esok paginya kami akan kembali ke jakarta.

Pada hari keempat tanggal 6 agustus 2018, dari dermaga pelabuhan pulau pramuka kami semua menggunakan kapal angkutan menuju jakarta via pelabuhan kali adem. Kami menaiki kapal dengan jadwal pemberangkatan jam 8, selama perjalanan kurang lebih 2-3 jam, kami-pun tiba di pelabuhan kali adem. Setelah sampai pelabuhan beberapa dari kami menaiki angkutan yang berbeda untuk menuju rumah masing-masing, tidak lupa kami saling berucap salam agar masing-masing dari kami sampai di rumah dengan selamat.
Banyak pembelajaran serta pengalaman yang di dapat bagi kami antar sesama anggota MCC melalui kegiatan pelantikan ini, mulai dari calon anggota, anggota aktif serta senior yang ikut mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tentunya kegaitan ini tidak semua berjalan secara sempurna, masih terdapat beberapa kesalah kecil maupun besar yang dilakukan dari masing-masing kami semua anggota MCC. Dari kesalahan tersebut akan dijadikan pembelajaran kedepannya dan untuk tahun selanjutnya agar pelantikan untuk calon anggota berikutnya semakin meriah, sukses dan dapat melahirkan banyak seorang marine scientist yang berguna bagi organisasi dan juga indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ragam Jenis Makroalga

RUMAH (LAMUN) BAGI MEREKA (DUGONG) YANG DILUPAKAN DARI EKOSISTEM